Jelajah
IMG-LOGO
INSPIRASI KALIREJO

Memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2023 dengan Festival Anak di Kalirejo

Create By Sutajib 25 July 2023 167 Views
IMG

Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli tahun ini memiliki kesan berbeda, terutama bagi siswa-siswi SDN 1 Kalirejo. Tim KKN dari Universitas Gadjah Mada yang bertugas di Desa Kalirejo dan Ngargoretno bekerja sama dengan pihak sekolah dalam mengadakan Festival Anak 2023 pada tanggal 21-22 Juli 2023. 

Festival Anak 2023 berisi rangkaian kegiatan yang mengasah kemampuan siswa-siswi dari kelas 1 hingga 6 terutama di bidang keterampilan dan kreativitas. Festival ini diadakan dua hari yang mana pada hari pertama, Jumat, 21 Juli 2023, diadakan berbagai perlombaan, seperti lomba hitung cepat, lomba mewarnai, lomba tebak gambar, lomba cipta puisi, dan lomba menyanyi. Sementara pada hari kedua, Sabtu, 22 Juli 2023, diadakan berbagai kegiatan berkreasi, seperti pembuatan pot bunga dari limbah botol plastik, pengaplikasian teknik mewarnai tie dye pada tas jinjing, kreasi dari limbah pelepah, pembuatan lampion dari stik bambu, pengenalan anak dengan cat lukis, hingga kreasi fermentasi teh menggunakan bakteri (kombucha). Rangkaian kegiatan Festival Anak ini disambut antusias baik oleh pihak sekolah maupun oleh siswa-siswi SDN 1 Kalirejo.

Sebelumnya, tim KKN dari Universitas Gadjah Mada yang ditugaskan di Desa Kalirejo dan Ngargoretno telah tiba pada tanggal 24 Juni 2023, sehari setelah diadakannya upacara penerjunan semua tim KKN UGM Periode 2 Tahun 2023 di Balairung UGM. Kedatangan tim KKN UGM disambut dengan baik oleh pihak desa dan masyarakat. Tim KKN UGM ditugaskan untuk mengabdi dan memberdayakan lokasi penerjunan selama 50 hari atau hingga tanggal 11 Agustus 2023. Sejauh ini, program kerja tim KKN UGM berfokus pada sektor wisata desa dan UMKM sesuai dengan temanya yaitu “Pengembangan Sistem Integrasi Produk UMKM dan Wisata Desa pada Desa Ngargoretno dan sekitarnya Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah”. Dengan kedatangan tim KKN UGM kali ini diharapkan memberi manfaat dan dampak yang berpengaruh bagi kemajuan masyarkat terutama di sektor wisata desa dan UMKM.