Jelajah
IMG-LOGO
DESA

PELATIHAN DIGITAL MARKETING oleh DISKOMINFO KABUPATEN MAGELANG

Create By Sutajib 01 March 2023 163 Views
IMG

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang menyelenggaraka pelatihan "Digital Marketing" di Desa Kalirejo, pada hari ini Rabu, 01 Maret 2023. Kegiatan kali ini dihadiri oleh Bapak DPRD Kabupaten Magelang ketua komisi III, Bapak Sakir, S.Sos. Bapak Sugeng selaku kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, dan juga Ibu Rini. Dunia digital sangatlah luas bidangnya, hal ini menjadi salah satu aspirasi yang bagus untuk dikembangkan. Seperti halnya yang disampaikan oleh Bapak DPRD Kab. Magelang bahwa "Aspirasi untuk desa tidak hanya tentang pembangunan fisik seperti membangun jalan, jembatan, senderan dan lain sebagainya, namun juga harus membangun kualitas sumber daya manusia dalam bidang marketing. Salah satunya dengan belajar digital marketing, dimana nantinya dapat mendorong meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Kalirejo". 

Pelatihan ini bertujuan untuk mengoptimalkan media sosial dalam memasarkan dan memperluas produk umkm melalui media digital. Selain itu juga dapat memudahkan interaksi antara penjual dan pelanggan, dapat pula menekan biaya promosi yang berlebihan, dan dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Dalam penyampaian materi oleh Ibu Rini selaku pelaku UMKM juga, terdapat 7 langkah belajar marketing. Yang pertama kita harus bisa menentukan buyer personamu yang terdiri dari siapa saja calon customermu?, berapa penghasilannya?, sosmed apa yang ingin digunakan?, customer lebih suka beli jika?, customer lebih suka beli lewat apa?, beli produkmu karena keinginan atau kebutuhan?, konten seperti apa yang disukai?, setelah menentukan semuanya kemudian mengidentifikasi kebutuhan target market/pasar. Dengan membuat marketing plan yang jelas akan membantu kita untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dengan memanfaatkan berbagai media sosial. Agar lebih menariknya alangkah lebih baik dilengkapi dengan caption yang menarik. Tentunya untuk melakukan semuanya perlu dilengkapi dengan skill yang mumpuni, dengan cara memiliki kemauan untuk belajar, konsisten, dan update.

Antusias peserta pelatihan tak kalah menarik dengan apa yang telah disampaikan oleh narasumber mengenai digital marketing. Mulai dari bahan hingga produk yang telah siap untuk di pasarkan, juga efektifitas penggunan sosial media agar dapat di jangkau banyak pelanggan.